Minggu, 16 Desember 2012

Sulit tidur di malam hari? Ini penyebabnya!

Reporter : Kun Sila Ananda
Jumat, 4 Mei 2012 12:00:00
Sulit tidur di malam hari? Ini penyebabnya!
Kategori Sehat

Ilustrasi. merdeka.com/visualphotos.com
12
 


Survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menunjukkan bahwa 41% orang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, apa yang membuat Anda terjaga semalaman? Jika Anda sudah menjaga makanan yang Anda konsumsi, bisa jadi masalahnya ada pada lingkungan tempat tidur Anda.
Coba cek saran-saran yang diberikan oleh Yahoo! Shine di bawah ini untuk tidur yang nyenyak.
1. Bantal dan selimut yang tidak nyaman
Sekitar sembilan dari 10 orang (sekitar 91%) setuju bahwa kasur dna bantal yang nyaman sangat penting agar bisa tidur dengan nyenyak. Kemudian sekitar 86% orang juga menyatakan selimut yang nyaman akan membantu Anda tidur nyenyak.
2. Suasana ramai
Sekitar 74% dari semua peserta survei menyatakan mereka bisa tidur dengan nyenyak jika lingkungan tempat tidur mereka hening. Kegaduhan akan membuat Anda susah tidur.
3. Lampu menyala
Sekitar 73% orang mengatakan bahwa mematikan lampu bisa membuat mereka lebih nyaman dan tidur dengan cepat. Dr Ojile mengatakan bahwa lampu akan merangsang tubuh Anda untuk tetap aktif, jadi untuk beberapa orang ruangan yang gelap dibutuhkan untuk tidur nyenyak."
4. Hawa panas
Dr Ojile menjelaskan bahwa panas bisa membuat Anda terbangun, sementara hawa yang sejuk bisa membuat badan Anda lebih tenang dan mengantuk. Sekitar 67% partisipan setuju bahwa panas bisa menyebabkan mereka susah tidur, dan dengan memasang kipas angin atau pendingin ruangan, bisa membantu mereka untuk tidur nyenyak.
5. Kebersihan kamar
Lebih dari setengah peserta survei, yaitu sekitar 62% menyatakan bahwa kamar yang bersih menjadi faktor yang penting untuk tidur nyenyak. Sekitar 78% orang setuju bahwa kamar yang bersih akan membuat mereka tertarik untuk tidur. Jadi, jika Anda susah tidur, coba perhatikan kebersihan kamar Anda.
6. Teknologi
Dr Ojile dengan tegas menyuruh Anda untuk menyingkirkan segala bentuk teknologi dari kamar tidur Anda, seperi iPhone, Blackberry, atau laptop. Dia mengatakan bahwa sinar yang tajam dari layah telepon genggam atau komputer bisa mengganggu dan membangunkan Anda sewaktu-waktu.
7. Hewan peliharaan
Jangan ada hewan peliharaan di dalam kamar tidur, begitu saran Dr Ojile. Anda mungkin menikmati tidur bersama hewan peliharaan. Namun jika hewan peliharaan jelas-jelas mengganggu tidur Anda, lebih baik segera keluarkan dari kamar.
Itulah hal-hal yang harus Anda perhatikan jika Anda mulai kesulitan tidur. Ingatlah bahwa tidur yang cukup dan teratur akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar