Minggu, 16 Desember 2012

Amazon Tangkis Apple Soal Perseteruan "App Store"

Kamis, 27 September 2012 11:47 wib
detail berita
Ilustrasi (foto: Macgasm)
CALIFORNIA - Apple menuding Amazon telah menyalahgunakan nama "app store" miliknya untuk memikat pengembang aplikasi. Amazon tidak tinggal diam dan kini meminta hakim federal untuk mementahkan tudingan itu.

Dilansir dari CRN, Kamis (27/9/2012), klaim Apple itu merupakan bagian dari gugatan merek dagang pada Maret 2011 lalu yang diarahkan pada Amazon. Perusahaan yang kini disebut terbesar di dunia berdasarkan nilai pasarnya itu menambahkan klaim merek dagang segera setelah peluncuran tablet Amazon Kindle Fire.

Menurut pengajuan keberatannya, pada peluncuran tablet Android tersebut Amazon mulai menyebut toko aplikasi miliknya sebagai "Amazon Appstore", ketimbang menyebutnya "Amazon Appstore for Android." Apple berpendapat perubahan ini akan menimbulkan kebingungan pada konsumen.

Namun dalam pengajuan ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat (AS), pada Rabu waktu setempat, Amazon mengatakan istilah "app store" telah menjadi sangat umum. Sehingga tidak mungkin bila dikatakan memicu iklan yang sesat.

Retailer daring terbesar dunia itu menambahkan, bahkan CEO Apple Tim Cook dan pendahulunya Steve Jobs menggunakan istilah yang dimaksud untuk mendiskusikan kompetitornya. Cook berkomentar terhadap jumlah toko aplikasi lain menggunakan istilah "app store".

"Penggunaan istilah "app store" merujuk pada toko yang menjual aplikasi dan sudah merupakan kelaziman dalam industri," tulis Amazon dalam pengajuan tersebut.

Dengar pendapat untuk langkah yang diambil Amazon ini dijadwalkan unntuk 31 Oktobber mendatang, sedangkan sidangnya dijadwalkan untuk 31 Agustus 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar