Minggu, 16 Desember 2012

Kominfo: Situs Tanah Air Disarankan Gunakan [dot] id


Rabu, 8 Agustus 2012 16:25 wib
detail berita
Foto: Getty Images
JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau para pemilik situs di Indonesia untuk menggunakan domain [dot] id. Upaya itu, dimaksud guna meminimalisir maraknya penipuan dengan membesut sebuah situs online untuk melancarkan sejumlah aksi kejahatan.

"Banyaknya laporan dari dalam dan luar negeri mengenai berbagai kegiatan kejahatan. Kemudian laporan tersebut tidak menggunakan domain [dot] id  membuat kami kesulitan untuk memprosesnya," tutur Kasubdit Teknologi Keamanan Informasi Kominfo Riki Arif Gunawan kepada Okezone, Rabu (7/8/2012).

Sementara itu, langkah penggunaan domain dengan akhiran .id dimaksudkan untuk melindungi para pengunjung situs jika ada sesuatu yang tidak diinginkan. Sampai saat ini, Kominfo telah membuat surat edaran untuk meminta pihak-pihak pemilik situs agar mengganti alamat domain mereka dengan [dot] id.

"Tidak ada regulasi secara khusus, kami hanya meminta semua pemilik situs menggunakan domain .id melalui surat edaran. Langkah ini kami lakukan untuk mengamankan para pengguna jika ada sesuatu yang tidak diinginkan,” pungkas Riki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar