Minggu, 16 Desember 2012

5 Merek Ponsel Paling Laris di Indonesia

Trisno Heriyanto - detikinet
 
Jakarta - Ada belasan produsen ponsel ternama yang mengadu peruntungan di Indonesia, namun 5 di antaranya berhasil tercatat sebagai produsen paling laris.

Hingga kini penjualan smartphone memang masih dikuasai oleh Research In Motion (RIM) dengan BlackBerry. Sementara jika ditilik dari sistem operasi, Android sudah merajai pasar dengan perolehan 52%.

Pun begitu, penjualan smartphone secara keseluruhan belum bisa mengalahkan larisnya feature phone di Indonesia. Ponsel berbasis Java ini tampaknya semakin populer, terlebih lagi banyak vendor yang memasarkan dengan bentuk dan fungsi yang unik.

Berdasarkan keterangan yang diterima detikINET dari lembaga riset IDC, Kamis (13/9/2012), berikut 5 merek ponsel yang paling laris di Indonesia hingga kuartal kedua 2012.

 

Nokia

Nokia melanjutkan dominasinya di pasar feature phone berkat dukungan dari seri X dan seri Asha. Di kuartal kedua 2012 ini, mereka juga meluncurkan Lumia 610 dan 900 yang mendapat reaksi positif dari pasar.

Cross

Cross tetap menjadi pemain kuat di pasar telepon seluler Indonesia karena berhasil mendistribusikan ponsel dalam volume yang luar biasa pada 2Q 2012 ini. Penetrasi pengguna ponsel ini juga tumbuh pesat di kawasan pedesaan. Memang yang disasar bukanlah kelas smartphone, tetapi feature phone

Samsung

Samsung masih terus mempertahankan gaya pemasarannya yang agrasif. Mereka memberikan tekanan kepada para pesaingnya dengan menggelontorkan berbagai produk yang kompetitif.

Namun jika dilihat secara keseluruhan, ponsel low-end berkontribusi paling besar terhadap pemasukan vendor asal Korea Selatan itu, kemudian baru diikuti oleh seri Galaxy.

Mito

Mito mencapai hampir 100% pertumbuhan sekuensial pada 2Q 2012. Agar bisa terus melakukan penerasi ke pelosok desa, vendor ini banyak menghabiskan biaya promosi untuk beriklan di media cetak dan televisi.

BlackBerry

Meski mengalami penurunan sebanyak 6%, namun BlackBerry masih mempertahankan posisinya sebagai smartphone paling laris di Indonesia pada Q2 2012.

Android memang sudah menyalip BlackBerry dari sisi penggunaan sistem operasi, akan tetapi hal ini dirasa cukup wajar karena sedikitnya ada 10 produsen yang saat ini menawarkan smartphone Android di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar